Unescaped-Me
Pan's Personal Blog
Mengaktifkan Kartu ATM BCA yang Diblokir Karena Salah PIN
Dua hari yang lalu, saya minta tolong ke adik laki-laki saya untuk mengambil uang di ATM BCA milik saya. Saya kasih tau nomor PIN saya ke dia. Hmm, ya, ya, saya tau harusnya ga boleh. Hahaha, tapi saya udah biasa ngasih nomor PIN ke adik saya yang perempuan buat nitip ngambil uang atau belanja-belanja. Gapapalah. :P

Kebetulan hari itu, adik cowo saya itu lagi mau pergi ke mini market. Ya udah, sekalian aja saya nitip buat ngambil uang. Nah, singkat cerita, adik saya itu ternyata salah masukin PIN sebanyak 3x. Astaga, kok gitu aja salah... :/ Padahal loh yah, dia tu ga perlu mengingat nomor PIN-nya soalnya nomornya saya kirim via WhatsApp. Jadi dia tinggal liat aja di WhatsApp-nya.

Salah satu kali, it's okay lah yah, manusiawi, wajar. Salah dua kali? Wah itu aja udah kebangetan. Sampe tiga kali??! Speechless dah. Saya sampe ga bisa ngomong apa-apa ke dia. Nomor PIN-nya tertera di hapenya, ga perlu diingat, kesempatan masukin PIN tu sampe 3x, tapi ga bener sekali juga? Salah semua? Astaga... saya cuma bisa geleng-geleng, ga percaya. Wkwkwkwk. Padahal dia udah gede loh, udah hampir 20 tahun. Saya malah pernah nitip ke adik saya yang lain, yang masih kelas 5 SD, dan dia pun bisa sendiri. Sekali diajarin, langsung bisa sendiri. Lah ini, umur 20 taon kok gitu aja salah? Ga habis pikir. Hahahaha. Btw, saya parah bener yah, ke adek yang masih 11 taun aja, saya ngasih PIN ATM BCA, hadeuh. XD

"Berapa lama kartu ATM BCA diblokir jika salah memasukkan PIN sebanyak 3x?"

Itulah pertanyaan pertama yang diajukan oleh adik saya itu. Awalnya, saya pun ga tau. Ya, hari Senin kemaren, saya belum tau. Pikir saya waktu itu, mungkin hanya 1x24 jam saja. Jadi, ya saya tunggu aja sampe 24 jam. Kartu saya terblokir hari Senin, siang hari. Kemaren, hari Selasa, malam hari, saya coba lagi satu kali dan ternyata masih diblokir. :/ Jadi, kesimpulannya saya salah, haha. Kartu ATM yang terblokir karena salah PIN, tidak akan aktif lagi dengan sendirinya. Kita harus reaktivasi (atau re-aktivasi, atau mengaktifkan kembali) ke pihak BCA-nya oleh kita sendiri.

"Gimana caranya?"

Tadi pagi, sekitar jam 10 di hari Rabu yang mendung, saya nelpon ke Halo BCA. Saya ambil handphone, lalu menghubungi nomornya yang memang selalu saya simpan sejak lama, sejak pertama kali saya buka rekening BCA. Ya memang saya selalu begitu karena saya yakin suatu hari pasti kita butuh, entah kapan. Soalnya udah pengalaman pas pertama kali bikin rekening BNI. Jadinya pas bikin rekening BNI (lagi), BCA, dan BPR KS, saya langsung simpen nomor-nomor mereka. :D

Berikut kronologis percakapan saya dengan customer service (CS) BCA via telepon:


Saya hubungi Halo BCA di nomor 021500888. Jangan khawatir meski kode depannya 021 (area Jakarta), gapapa, soalnya nanti juga terhubung otomatis dengan CS cabang terdekat "kayanya". :D

Tuuutt... Tuuuttt... Lalu tak lama, terdengar suara mesin penjawab otomatis:

"Selamat datang di Halo BCA. Untuk menggunakan pilihan Bahasa Indonesia, tekan 1. Untuk menggunakan pilihan Bahasa Inggris, tekan 2. Untuk..."

Tut. Langsung deh saya tekan angka satu di hp saya buat milih Bahasa Indonesia. Bahasa Inggris? Engga deh, makasih, wkwkwk. Saya ga tau kelanjutannya dia ngomong apa, mungkin dia nyebutin angka sampe ribuan untuk mengakomodir 6500 bahasa di dunia. Ga cape apa? Ahahaha, becanda. :D

Si mesin pun lanjut ngomong:

"Untuk mengetahui informasi mengenai perbankan, tekan 1. Untuk mengetahui informasi mengenai kartu kredit, tekan 2. Untuk mengetahui informasi mengenai kredit rumah, KPR, atau kredit kendaraan pribadi, tekan 3. Untuk..."

Si mesin masih terus ngomong. Tekan 4... Tekan 5... Tekan 6... Tekan 7... Tekan 8... Ugh, cape ngedengerinnya. Dia lanjut aja terus ngomong sedangkan saya kan butuhnya tu ngobrol ama customer service-nya. :/ Apa saya tekan angka 1 aja gitu, soal perbankan? Atau nanti ada pilihan buat ngehubungi CS? Begitu yang ada di pikiran saya pada saat itu.

"Untuk bla bla bla, tekan 9. Untuk berbicara dengan customer service kami, tekan 0."

Naaaahhh, akhirnyaaaa... Ternyata harus tekan 0. Duh, gitu aja lama. Haha. Tapi saat saya mau tekan angka 0, layar handphone saya udah mati. Saya tekan tombol power di handphone saya buat menyalakan layarnya.

Tut. Astaga... saya lupa. Di hape saya tuh ya, kalo tombol power ditekan maka sambungan teleponnya akan terputus. Maklum hape saya ga ada tombol fisiknya sama sekali (pake Xperia ZR). Tombol fisiknya cuma ada tombol power, volume, dan kamera. Biasanya kalo mau nutup telpon biar cepet, saya ubah settingannya supaya tombol power bisa dipake untuk mematikan panggilan telepon apapun. Kalo ada telepon dari nomor gajes, tekan power. Kalo abis nelpon biar nutupnya cepet, tekan power.

Maksudnya pengen nyalain layar dengan menekan tombol power, eh malah menutup sambungan telepon. Jiah, ya udahlah, saya hubungi lagi Halo BCA untuk kedua kalinya di 021 500888. :/

Tuuuuuttt... Tuuuutttt...

"Untuk menggu-"

Tut. Ya, ya, tekan 1 kan. Wkwkwk, saya udah tau dan langsung tekan 1 untuk memilih menggunakan Bahasa Indonesia. :D

"Untuk..."

Tut. Saya tekan 0. Kali ini untuk langsung berbicara dengan customer service-nya, wkwkwk.

"Silakan masukan nomor rekening tabungan BCA Anda, atau nomor kartu ATM BCA Anda, lalu akhiri dengan tanda bintang."

Duh, saya ga hafal, hahaha. Tapi saya memang udah antisipasi, jadi saya udah menyiapkan buku rekening tabungan di sebelah saya. Saya pun membukanya dan memasukan nomor rekening saya.

3xxxxxxx71*

"Kami sedang menghubungkan Anda dengan customer service kami. Mohon tunggu beberapa saat."

Tuuuuttt... Tuuuttt... Tuuuuutttt...

Selagi nunggu customer service, saya menutup buku tabungan. Dan ternyata... yang saya masukan tuh nomor rekening BPR KS, bukan BCA. Wkwkwk, salah nih. Kacau, hahaha. Yowislah, gapapalah kali yah. :D

CS: "Selamat pagi. Dengan layanan Halo BCA. Boleh saya tahu sedang berbicara dengan siapa?"

Terdengar suara perempuan, customer service BCA. Kali ini bukan robot. :D

Saya pun menjawab pertanyaannya dengan nama lengkap saya.

CS: "Selamat pagi, bapak Pan. Ada yang bisa saya bantu?"

"Kartu ATM BCA saya terblokir karena salah masukin PIN sebanyak tiga kali."

CS: "Baik. Jika kartu ATM BCA bapak terblokir karena salah memasukkan PIN sebanyak 3x, maka bapak harus melakukan aktivasi ulang kartu ATM BCA supaya bisa dipergunakan kembali."

Oke, berarti kartu ATM BCA yang diblokir akibat salah PIN, tidak akan aktif lagi dengan sendirinya. Kecuali kita reaktivasi sendiri. Saya pun bertanya ke CS-nya untuk memastikan hal tersebut.

"Jadi, kalo kita biarkan misalnya hingga beberapa hari pun, kartu ATM-nya ga akan aktif sendiri secara otomatis? Ga ada batas waktunya?"

CS: "Iya, betul sekali bapak. Boleh saya minta informasi bapak terlebih dahulu?"

"Boleh, tapi... tunggu, tunggu. Sebelumnya saya mau tanya-tanya dulu."

"Bisakah kita mengaktifkan kartu ATM-nya melalui Internet Banking atau Mobile Banking?"

CS: "Kartu ATM BCA bapak diblokir sengaja atau karena salah memasukan PIN?"

"Saya salah masukin PIN. Tapi kan membuka Internet Banking masih bisa kok. Nah, bisa reaktivasi sendiri ga via Internet Banking?"

CS: "Tidak bisa, bapak."

"Oh, oke deh. Kalo dipakai transaksi, masih bisa? Misalnya belanja pake auto-debet, belanja online, atau transfer-transfer via Internet Banking?"

CS (dengan nada yang mulai naik): "Bapak, kartu ATM BCA-nya diblokir karena salah memasukan PIN tiga kali, atau apa?"

Jiah, nanya gitu aja kok emosi sih CS-nya. Heran saya, wkwkwk. Saya kan cuma mau tanya-tanya biar semuanya jelas sejelas-jelasnya, hahaha.

"Terblokir karena salah PIN 3x kok... Jadi masih bisa ga kalo dipakai transaksi-transaksi via Internet Banking atau belanja-belanja gitu?"

CS (nadanya semakin tinggi): "Ya tidak bisa dong, bapak. Kan jika melakukan transaksi baik belanja Debit maupun melalui Internet Banking, harus memasukan PIN juga. Bapak ini kartu ATM BCA-nya diblokir karena salah PIN sebanyak tiga kali kan?"

Walah, kok dia makin emosi yah. :/ Sampe-sampe dia pun nanya pertanyaan yang sama 3x. Harusnya dia juga diblokir tuh, wkwkwk. Padahal kan tinggal jawab aja singkat, "ga bisa", gitu misalnya. :/ Ya udah deh saya jawab lagi si CS-nya.

"Oh begitu. Iya, kartu saya terblokir karena salah PIN tiga kali."

CS: "Nama lengkap bapak siapa?"

"Pan." (Hehe, ini cuma nickname aja tentunya. Waktu ditelpon tentunya saya menyebutkan nama lengkap saya. :D)

CS: "Nomor rekening BCA atau nomor kartu ATM bapak?"

Eaaa, saya kan ga hafal. Tadi awalnya saya nelpon di kamar, di depan komputer. Buku rekening, dompet yang berisi kartu ATM BCA dan KTP pun diletakan di sana. Tapi berhubung tadi sambungannya putus-putus, saya sekarang berada di ruang tamu dekat pintu keluar rumah.

"Iya, tunggu sebentar," jawab saya ke si CS-nya.

CS: "Baik."

Eh baru aja jalan 3 langkah, dia udah ngomong lagi.

CS (dengan nada yang agak naik lagi): "Bapak saat ini bawa kartu ATM?"

"Iya," jawab saya lagi. Langkah kaki saya pun secara refleks terhenti. :/

Sebenernya sih kartu ATM-nya ada di kamar. Tapi yah saya jawab iya aja deh.

CS (masih dengan nada yang agak tinggi): "Kalau begitu pakai nomor kartu ATM aja. Berapa nomornya?"

"Oh, bentar."

Hmm, kayanya dia nyangka kalo kartu saya itu terblokirnya baru barusan. Dan mungkin saya disangka masih megang kartu ATM-nya di tangan saya. Padahal kan kejadiannya dua hari yang lalu. XD

Lalu saya pun teringat kalo di hape saya tersimpan nomor rekening BCA saya. Ada di semacam quick note. Saya pun kemudian bermaksud membuka quick note tersebut biar cepet, ga usah ke kamar dulu buat ngambil buku tabungan atau kartu ATM. Tapi layar hapenya mati. Saya tekan tombol power buat nyalain layarnya.

Tut.

Arrrrggghhhh....!!! Saya lupa. Kan kalo tombol power ditekan maka sambungan teleponnya langsung terputus. Duh, ntar saya disangka apa yah ama si customer service-nya? Disangka boong? Hadeuh, au ah, wkwkwk. Jangan-jangan dia makin kesel ke saya soalnya sambungannya terputus, hahaha. Lagian saya heran, kok dia emosi gitu sih? Padahal perasaan sih saya tu biasa aja deh. Cuma nanya-nanya beberapa kali, haha, dia sibuk kali yah.

Ya udahlah, saya telpon lagi. Ketiga kalinya! :D Akhirnya saya ganti dulu settingan tombol powernya. Biar ntar kalo tombol powernya ditekan, layarnya bisa nyala dan sambungan teleponnya tetep aktif.

Saya hubungi lagi Halo BCA di 021500888. :/

"Selamat dat-"

Tut. Angka 1 saya tekan untuk memilih layanan dalam Bahasa Indonesia. Udah makin hafal. :/

"Unt-"

Tut. Angka 0 saya tekan untuk memilih berbicara dengan customer service.

"Sil-"

Tut. Tut. Tut. Tut. Tut. Tut. Tut. Tut. Tut. Tut. Saya menekan 10 digit rekening BCA yang saya miliki. Kali ini ga salah masukin lagi. Ga seperti sebelumnya yang malah memasukan nomor rekening BPR KS. :/

"Maaf, untuk saat ini customer service kami sedang sibuk melayani pelanggan yang lain. Mohon tung-"

Tuuuuutttt... Tuuuttt....

Loh, si robot otomatis belom selesai ngomong, eh teleponnya udah tersambung ke si CS. Wkwkwk, kayanya itu tu yang sibuk melayani saya kali yah, dan sekarang dia udah free. Kan saya "putus" secara tidak sengaja. Berarti saya bakal ngobrol ama CS yang sama dong? Ngomong apa yah ntar... Hmm, minta maaf dulu aja lah paling. :D

CS: "Selamat pagi. Boleh saya tahu sedang berbicara dengan bapak atau ibu siapa?"

"Pan."

Tentunya saya nyebutin nama lengkap saya. Sambil mikir, ini orang yang tadi apa bukan yah. Sama-sama cewe dan suaranya mirip.

CS: "Bapak Pan. Ada yang bisa saya bantu?"

Hmm, kayanya bukan nih. Beda orang. Nada bicaranya berbeda. Dan dia ga kenal saya meski saya nyebutin nama lengkap saya. :D

Kali ini tanpa banyak ba bi bu, saya langsung to the point aja.

Saya jawab, "kartu ATM BCA saya terblokir karena salah masukin PIN tiga kali. Untuk reaktivasinya bisa melalui telepon atau harus datang ke cabang terdekat?"

CS: "Baik. Jadi bapak hendak mengaktifkan kembali kartu ATM BCA bapak yang terblokir karena salah memasukan PIN sebanyak tiga kali. Apakah bapak masih ingat dengan nomor PIN lama bapak?"

"Iya, saya masih ingat."

CS: "Baik. Jika masih ingat PIN yang lama, maka kartu Debit BCA bisa diaktifkan kembali via telepon. Namun jika tidak ingat PIN yang lama, maka harus diaktifkan di kantor BCA terdekat tanpa harus di tempat awal membuka rekening."

Oke-oke, berarti ada 2 poin penting yang saya dapat di sini:
  • Kalo masih ingat PIN lama kartu ATM BCA, maka tinggal aktivasi ulang via telepon.
  • Kalo lupa PIN lama kartu ATM BCA, maka harus dateng ke kantor BCA.

    Ga perlu dateng ke kantor cabang tempat kita pertama kali buka rekening. Tapi bisa di BCA mana aja. Misalnya kalo saya buka rekening di Cimahi, maka saya bisa aja datengnya ke Cibinong, Bogor.

Si CS pun melanjutkan pembicaraannya. Kali ini, CS yang ini ngomongnya lembut banget. Sopan banget. :D

CS: "Sebelumnya, boleh saya tahu siapa yang menggunakan kartu BCA-nya dan salah memasukan PIN? Apakah bapak sendiri, atau dipergunakan oleh orang lain?"

Hmm, kalo saya jawab yang pake tu adek saya, ntar takutnya malah ga bisa aktivasi via telepon. Jangan-jangan saya malah harus dateng ke kantornya langsung. Kan males banget. Ah udahlah saya jawab aja saya sendiri yang salah masukin PIN. Hahaha, cari aman. :D

"Saya sendiri."

CS: "Mengapa bisa sampai salah memasukan PIN?"

"Lagi buru-buru kayanya."

CS: "Sampai tiga kali?"

Wah, dia curiga kayanya, wkwkwk. Tapi saya lanjut jawab aja deh. :D

"Rusuh kayanya. Setelah nyampe rumah, baru deh inget PIN-nya."

CS: "Baik. Jadi bapak masih inget nomor PIN-nya dan hendak melakukan re-aktivasi kartu BCA bapak."

"Iya, tolong."

CS: "Baik. Sebelum saya mengaktifkan kembali kartu BCA bapak, boleh saya verifikasi data terlebih dahulu?"

"Iya, silakan."

CS: "Berapa nomor rekening tabungan atau nomor kartu BCA bapak?"

"1xxxxxxx53."

CS: "Nama lengkap bapak, sesuai yang tertera di rekening tabungan?"

"Pan."

CS: "Tempat dan tanggal lahir bapak?"

"Cimahi, 14 Desember xxxx."

CS: "Nama lengkap ibu kandung?"

"xxx xxxxx."

CS: "Alamat lengkap bapak, sesuai yang tertera di KTP?"

"Jalan bla bla bla. RT 2, RW 3."

CS: "Jenis kartu BCA bapak? Apakah BCA Silver, Gold, atau Platinum?"

"Mmm, Silver."

CS: "Apakah di kartu Silver BCA bapak tertera nama lengkap atau tidak?"

"Engga. Ga ada namanya."

CS: "Di cabang mana ketika pertama kali membuka rekening BCA bapak?"

"Cabang Cimahi?" Jawab saya sambil setengah ga yakin apakah bener itu nama cabangnya.

Kemudian saya liat di buku tabungan yang saya pegang, ternyata ada tulisannya.

"KCP Cimahi."

CS: "Baik. Kapan bapak menggunakan kartu BCA bapak dan salah memasukan PIN sebanyak tiga kali?"

"Dua hari yang lalu. Hari Senin."

CS: "Baik. Dua hari yang lalu, hari Minggu."

"Hari Senin kan?"

CS: "Oh iya, dua hari yang lalu, hari Senin pada tanggal 10 November 2014."

Jiahahaha, CS-nya bisa salah juga. Padahal dari awal udah keren banget ini CS, wkwkwk.

"Iya, hari Senin."

CS: "Transaksi apa yang hendak bapak lakukan saat itu?"

Hihi, ini CS pengen tau aja. Suka-suka saya dong mau ngapain. Ngapain bilang-bilang soal mau transaksi apa, haha. Tapi yah saya ngerti lah, ini termasuk salah satu prosedur verifikasi data. Soalnya si komputer BCA-nya kan tau kapan dan dimana kita menggunakannya saat itu, dan dia juga tau kok sebenernya saya lagi mau transaksi apa. Kan meski kita salah masukin PIN, transaksinya seolah berjalan normal.

Masukin kartu > pilih bahasa > masukin PIN > pilih penarikan tunai > pilih jumlah uang atau masukin sendiri > pilih "Benar". Tapi pas setelah menekan "Benar", malah muncul tulisan kalo PIN yang dimasukkan tuh salah. Jadi, ya dia pun tau lah sebenernya.

Saya pun menjawab, "Penarikan tunai via ATM."

CS: "Dimana lokasi ATM yang dipergunakan?"

"Mmm, ATM Cimahi?" Saya menjawab sambil rada bingung.

"Oh, di ATM Sangkuriang yang di dalem Indomaret."

CS: "Baik. Data kami pun menunjukkan pada saat itu bapak hendak melakukan penarikan tunai di ATM Indomaret Sangkuriang sebesar 400 ribu rupiah."

"Iya."

Wkwkwk, tuh kan bener. Saya ga pernah nyebutin jumlahnya berapa tapi dia tau kan tuh. Rp. 400.000,- :D

CS: "Apakah ini pertama kalinya bapak mengalami hal seperti ini atau sebelumnya pernah mengalami dan ini merupakan kejadian yang kedua kalinya atau lebih?"

"Ini pertama kalinya."

CS: "Baik, terima kasih. Jadi bapak hendak mengaktifkan kembali kartu BCA yang diblokir akibat salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali yang dilakukan oleh bapak sendiri?"

"Iya, benar."

CS: "Baik. Mohon tunggu beberapa saat. Saat ini saya sedang mengaktifkan kembali kartu BCA bapak."

"Terima kasih."

Beberapa detik kemudian. (Wow, cepatnya. :D)

CS: "Baik. Pada hari ini, Rabu, 12 November 2014, bapak Pan sebagai pemilik tabungan BCA dengan nomor rekening sekian sekian sekian dan nomor kartu BCA sekian sekian sekian telah mengajukan bla bla bla karena bla bla bla. Kartu BCA atas nama Pan telah diaktifkan kembali pada pukul 10.21 pagi Waktu Indonesia Barat sesuai jam server BCA, dengan ID sekian sekian sekian, dan dilakukan oleh Vika/Fika bla bla bla dengan nomor identitas bla bla bla. Bla bla bla."

Entahlah saya ga inget persis, wkwkwk. Ngomongnya panjang dan formal banget. Dan nama si CS-nya tuh Vika atau Fika. Entah gimana nulisnya. :D

CS: "Kartu bapak telah aktif dan bisa dipergunakan kembali. Ada yang lagi bisa saya bantu, bapak Pan?"

"Mmm, paling saya punya satu pertanyaan lagi."

CS: "Iya, silakan bapak Pan."

"Jika seandainya suatu hari, saya salah memasukan PIN lagi dan kartunya diblokir. Apakah saya masih bisa reaktivasi via telepon? Atau harus dateng ke cabang BCA terdekat?"

CS: "Selama bapak masih ingat nomor PIN yang lama, maka proses re-aktivasi bisa dilakukan melalui telepon. Namun jika bapak lupa PIN lama, maka harus datang ke cabang BCA terdekat sambil membawa buku tabungan, kartu BCA, dan KTP. Kartu BCA yang lama akan diganti oleh yang baru dan memiliki cetakan nama lengkap bapak di kartunya. Namun bapak harus menunggu terlebih dahulu selama kurang lebih 7 hari."

Whoa, lengkap banget ngasih infonya ini CS. :D

"Oh, begitu. Makasih banyak buat informasinya."

CS: "Sama-sama. Ada lagi yang bisa dibantu?"

"Udah segitu aja. Terima kasih."

CS: "Baik, terima kasih telah menghubungi Halo BCA. Dengan saya, Vika (Fika). Selamat pagi dan selamat beraktivitas."

"Selamat pagi."

Nah, kali saya dengan aman bisa menekan tombol power. Eh, tapi ga mati, malah layarnya yang nyala. Oh, saya lupa udah diganti settingannya, wkwkwk. Tapi kemudian terdengar suara telepon ditutup duluan oleh CS-nya (saya pakai headphone nelponnya sehingga bisa sambil liat layar hape).

Yah, begitulah pengalaman saya pertama kalinya kena blokir kartu ATM-nya karena salah masukin PIN. Banyak banget pertanyaan-pertanyaan yang akhirnya bisa terjawab, atau sekedar menghilangkan rasa penasaran. Meski saya nelponnya sampe 3x, haha.

Saya belom sempet ke ATM lagi. Tapi kemudian saya coba transaksi via Internet Banking (ngisi pulsa doang). Dan ternyata iya bisa digunakan. :D

Catatan penting: customer service atau pegawai BCA manapun yang asli, tidak akan pernah menanyakan nomor PIN kita. Jadi hati-hati kalo ada CS atau petugas yang bertanya berapa nomor PIN kita. Jangan pernah ngasih. Mereka tu palsu, gadungan. :D

Sebagai penutup, kalo temen-temen ada yang kartu ATM BCA-nya diblokir karena salah PIN, jangan khawatir. Proses aktivasinya mudah dan cepat kok, asalkan masih ingat PIN lamanya. :D Tinggal hubungi Halo BCA di (021) 500888 dan persiapkan hal-hal berikut:
  • Pulsa yang cukup buat nelpon (kalo pake kartu prabayar). :D Lumayan loh, telpon yang ketiga aja ngabisin waktu 7 menit 37 detik dengan biaya Rp. 4.620,- XD


  • Cek baterai dan sinyal hp juga. :D Cek juga settingan tombol powernya, jangan sampe kaya saya, wkwkwk. :D
  • Nomor rekening tabungan BCA atau nomor yang tertera di kartu ATM BCA.
  • Data pribadi saat membuka rekening seperti: nama yang tertera di buku tabungan, tempat dan tanggal lahir, nama ibu kandung, alamat di KTP, jenis kartu (Silver/Gold/Premium), dan nama cabang saat membuka rekening BCA-nya (ada di buku tabungan).
  • Kapan, dimana, dan mau apa, saat kita salah memasukkan PIN. Si CS akan minta verifikasi mengenai kronologis kejadiannya, haha.

Yah segitu aja lah cukup persiapannya. Ada yang kelupaan ga yah. XD

Oia, kalo ditanya siapa yang pake pas salah PIN itu, saya sih jawabnya ya dipake sendiri, wkwkwk.

Terus, gimana kalo kita lupa PIN lama kartu ATM BCA-nya? Yah, kepaksa deh harus dateng ke cabang BCA yang deket. Mmm, yang jauh juga boleh sih, terserah kita kan, wkwkwk. Kalo pengen yang jauh, ya gimana kita. :D Saat dateng ke kantor cabang, jangan lupa bawa:
  • Uang. Kali aja butuh ongkosan, atau laper di jalan, atau haus. :D Kan kita belom bisa ngambil duit di ATM, jadi kudu bawa uang tunai. Saya ga tau apakah bikin kartu baru itu akan disuruh bayar apa engga. Kayanya sih bayar. Ada biaya administrasinya. :/
  • Buku tabungan.
  • Kartu ATM lama. Ntar diganti ama yang baru, yang ada namanya. Harus nunggu seminggu. :/
  • KTP.

Udah deh, sekian. Fiuh, lama yah ngetik ini, sampe sore gini, wkwkwk. Semoga bermanfaat yah. :D
Next
Newer Post
Previous
Older Post