Unescaped-Me
Pan's Personal Blog
Cara Update BIOS Laptop ASUS Menggunakan ASUS Update Install Program (WinFlash)

Udah lama juga ga update blog ini. Maklum masih awal-awal tahun, lagi sibuk. Hehehe. Barusan saya buka lagi blognya ternyata Risky nanyain cara update BIOS. Nah, sekalian ngejawab pertanyaan Risky, saya sekalian nge-update blog ini juga. :D

Eh btw, buat Risky, sori ya baru reply messagenya sekarang. Biasanya sih sering cek email/dashboard blog ini buat reply komen. Tapi kemaren-kemaren lagi off, hehe. Maklum baru libur panjang dari Jumat sampe Minggu, tanggal merah.

Sedikit info, ada 2 cara buat nge-update BIOS laptop/netbook ASUS atau PC desktop yg motherboardnya ASUS. Yang pertama adalah menggunakan BUPDATER. Pakai BUPDATER itu lebih ribet soalnya masih pake DOS. Jika ingin menggunakan BUPDATER, caranya ada di sini.

Kedua, menggunakan ASUS Update Install Program. Nah, kalo yang ini lebih engga ribet soalnya udah berupa  program GUI di Windows. Sekarang langsung aja deh ke caranya.

1. Buka website ASUS Support di sini.

2. Isi model laptopnya (misalnya EEE PC 1025C), lalu klik tombol Search.

3. Klik link model laptop yang sesuai.

4. Pilih sistem operasi (OS) yang sesuai.

5. Pada menu BIOS, download file BIOS yang terbaru. Biasanya paling atas.

6. Pada menu BIOS-Utilities, download ASUS Update Install Program.

7. Install ASUS Update Install Programnya.

8. Jika sudah terinstall dengan baik, buka programnya. Kalau di saya (Windows 7), lokasinya di All Programs > ASUS > ASUSUpdate for Eee PC > ASUSUpdate.

9. Ekstrak file yang telah didownload di langkah ke-5. Seharusnya sih di dalemnya ada file berekstensi *.ROM, kalau file yang saya download isinya adalah 1025C-ASUS-1105.ROM.

10. Kembali ke program ASUS Update, pilih Update BIOS from file.


11. Klik Next. Lalu pilih file *.ROM yang telah diekstrak di langkah ke-9.


12. Klik Flash.


13. Tunggu sampai selesai lalu Restart.

Selesai deh, hehe. Gampang lah ya. :D

Kalo laptop ASUS model lain mungkin tampilan programnya agak beda. Tapi kurang lebih sih caranya sama. Gambaran umumnya seperti langkah-langkah di atas. Semoga membantu ya.

Update 2013.05.20

ASUS Update Install Program ini biasa disebut juga Windows BIOS Flash Utility atau WinFlash. Kalo misalnya di halaman download supportnya ga ada tool ini, coba aja pakai versi yang general:

Download WinFlash_Win7_8_VER2420.zip (2013.03.28)

Atau cek WinFlash versi terbaru di sini.


Artikel Terkait:
Cara Update BIOS Motherboard ASUS
Next
Newer Post
Previous
Older Post